Photo by : infobatik.id

Jika mendengar mengenai batik dan Jawa Tengah, mungkin yang pertama kali akan muncul di benak anda adalah batik Pekalogan Atau batik kudus yang memang sudah terkenal sebagai kota batik di Jawa Tengah sejak jaman dahulu. Karena kedua daerah tersebut memang menjadi daerah dengan produksi batik terbanyak dan terbaik di seluruh Indonesia yang bahkan juga menjadi salah satu sektor penunjang ekonomi para penduduk serta daerah itu sendiri.

Baca juga : Sewa Mobil Mewah Semarang

Namun jangan buru-buru dan bingung jika anda saat ini berada di Semarang dan ingin mencari sesuatu yang khas selain kuliner yang sangat banyak dan beragam di Kota ini. atau ingin sekali membeli batik namun sangat jauh jika harus berputa atau datang ke dua daerah tersebut? tidak perlu hawatir anda tidak perlu jauh – jauh atau berputar ke dua daerah tersebut demi beli batik. Benar sekali sebagai ibu kota Jawa Tengah Semarang juga merupakan salah satu penghasil batik sejak jaman penjajahan Belanda.

Bahkan bisa di bilang dulu semarang merupakan salah satu Kota penghasil batik yang tak kalah besar dan terkenal seperti Pekalongan saat ini dan sempat menjadi salah satu sentral ekonomi Belanda saat masih menduduki Indonesia. hanya saja tempat ini memang sempat sengaja di kebumikan oleh Belanda saat masa pendudukan Jepang. Sebelum para tentara Belanda mundur karena kalah, Belanda dengan sengaja menghancurkan dan memporak porandakan tempat ini secara habis – habisan  dengan tujuan untuk melemahkan pembangunan ekonomi Jepang pada waktu itu, karena secara otomatis Belanda berfikir bahwa Jepang menargetkan tempat itu adalah sebagai salah satu sentral pembangunan ekonomi mereka dengan memanfaatkan apa yang sudah Belanda bangun sebelumya.

Lalu apa bedanya batik di Semarang ini dengan batik – Batik lain? tentu saja batik di Semarang ini akan sangat berbeda jauh dari batik – batik yang pernah anda ketahui sebelumnya. Batik Semarang sendiri memiliki ciri khas tidak terlalu kaku pada aturan pakem pembuatan batik seperti di Solo ataupun Jogja, seperti kita tahu bahwa di daerah joga dan solo. pembuatan batik itu sendiri tidak boleh asal – asalan dan harus melalui pakem atau aturan pasti yang biasanya di keluarkan oleh keraton. yang jika ada motif yang salah atau tidak sesuai tentu saja batik tersebut tidak akan di akui sebagai batik daerah tersebut atau justru akan mendatangkan kritik atau bahkan di anggap sebagai bentuk penghinaan terhadap budaya daerah tersebut. Karena kecuali sebagai salah satu produk unggulan daerah tersebut, batik di daerah – daerah tertentu sudah menjadi syarat identitas keraton yang tentu saja bukan hal yang bisa di anggap main – main. Batik Semarang lebih mengacu pada batik-batik pesisir yang mengedepankan kreasi si pembuat Batik itu sendiri. sebenarnya memang ada beberapa motif yang harus berdasarkan pakem. namun yang menjadi unggulan para pengrajin di sini adalah kreasi mereka sendiri.  Maka tidak jarang di Semarang anda akan menemukan bebrapa batik yang terkesan nyeleneh namanya seperti batik Tugu Muda, Batik Lawang sewu dan masih banyak lagi batik kreasi masyarakat sekitar yang biasanya mengambil nama dan tema dari tempat – tempat wisata unggulan di Semarang.

Karena kreasi itu maka tidak jarang di Semarang anda akan menemukan beberapa batik yang terkesan nyeleneh namanya seperti batik Tugu Muda, Batik Lawang sewu dan masih banyak lagi batik kreasi masyarakat sekitar yang biasanya mengambil nama dan tema dari tempat – tempat wisata unggulan di Semarang.. Yang jika kita amati atau dilihat sekilaspun akan sangat berbeda dengan batik khas Pekalongan, Jogja ataupun Solo, dan tidak akan kalah menawan untuk di kenakan atau sekedar di nikmati. karena kesan dan desainya yang tidak melulu dan sangat beragam.

Mirip dengan pekalongan ataupun Kudus, Semarang juga memiliki sebuah Kampung batik, yaitu salah satu kampung produsen batik yang terbesar di sekitar Semarang. Kampung batik di Semarang ini sendiri terletak di Kampung Rejomulyo,Semarang Timur. Tidaak perlu bingung – bingung mencari atau memastikan bahwa anda sedang berada di kampung batik karena bahkan saat memasuki gang kecil di kampung ini, kita akan langsung di suguhkan dengan hiasan cat di dinding dan rumah – rumah warga sekiar bertemakan batik yang akan memanjakan dan memaksa kita harus mengakui bahwa kita sedang berada di salahsatu kampung Produsen batik terbesar di kota ini. dan sejak dari rumah petama hingga yang paling ujungpun anda akan merasa di sebuah kawasan industri kerajinan bati kaena hampir semuanya memproduksi batik.

Lokasi Kampung ini juga tidak begitu jauh Dari pusat Kota Semarang yang bisa di akses langsung melalui google map. dan jika anda ingin datang dam berkunjung ke tempat ini jangan lupa untuk menyiapkan uang pecahan rp.20.000 jika anda tertarik untuk belajar membatik secara langsung di lokasi tersebut yang tentu saja akan menjadi sebuah pengalaman yang sangat menarik dan berkesan. serta membuat liburan anda menjadi sangat seru dengan mencoba langsung proses pembuatan batik dari mulai nol hingga menjai sebuah batik. atau sekedar untuk membuat kenangan serta pengalaman, yang biarpun jelek namun tentu saja jika itu adalah hasil karya kita sendiri akan sangat memberikan kepuasan tersendiri.

Baca juga : 7 Tempat Wisata Romantis Semarang Yang wajib Anda Kunjungi Bersama Pasangan

Jika anda ingin sekali berkunjung ke tempat ini tanpa harus repot dan ribet anda juga bisa langsung menggunakan layanan persewaan Mobil dan juga penginapan kami joglombahguru.com. Untuk kebutuhan mobil mewah agar dapat menjangkau lebih banyak lagi lokasi-lokasi wisata bersejarah di area Semarang dan sekitarnya anda bisa menghubungi kami di 0856-4038-0808