Photo by : resepnusantara.id

Sudah bukan rahasia lagi, Semarang memang adalah kota yang memiliki beragam kuliner yang sangat terkenal lezat dan tentu saja sangat sayang untuk di lewatkan jika anda tengah berkunjung lewat atau sekedar singgah sejenak di kota ini.

Sebagai salah satu kota yang juga kental dan syarat akan sejarah Indonesia tentu saja kota ini juga memiliki adat turun temurun yang merupakan salah satu ciri orang Jawa yang salah satunya adalah makanan.

Makanan tradisional ini biasanya adalah makanan yang sejak dari jaman dahulu selalu di jaga mulai dari bentuk,bumbu, rasa, bahkan cara penyajianya pun tidak pernah di rubah atau tetap sama, dan berikut beberapa makanan ktradisional khas Semarang yang wajib sekali anda coba,

1.Gudangan

Gudangan adalah makanan yang terdiri dari urapan sayur rebus dengan bumbu sambal gundangan yaitu parutan kelapa yang berbumbu bawang putih dan bawang merah. yang biasanya akan di sajikan dengan nasi hangat dan beralas daun pisang yang akan menimbulkan aroma serta cita rasa yang sangat lezat.

2.Mie Kopyok

Jika anda adalah pecinta mie, pasti sudah tidak akan sabar mencicipi kuliner tradisional khas Semarang satu ini, teksturnya hampir menyerupai mie ayam hanya saja mie kopyok lebih banyak campuran seperti tahu kerupuk sayur dan banyak lagi, bahkan mie kopyok sendiri biasanya sangat susah di temukan di daerah lain.

3.Garang Asem

Makanan ini tidak kalah menarik untuk di coba, garang asem ini adalah olahan daging ayam dengan kuah santan berbumbu belimbing wuluh dan cabai yang biasanya di sajikan dengan alas daun pisang dan nasi hangat sebagai pelengkap.

4.Nasi Ayam Semarang

Salah satu kuliner yang hampir mirip dengan soto namun sangat berbeda dan lebih lezat, Nasi ayam adalah olahan berupa nasi liwet telur rebus, dan suwiran ayam yang diberi kuah opor serta tambahan sambal goreng yang hampir mirip dengan nasi liwet solo namun Nasi ayam Semarang ini biasanya di sajikan dengan sate telur puyuh dan tidak lupa beralaskan daun pisang sebagi salah satu ciri khas makanan Tradisional Semarang.

5.Gandos

Kuliner satu ini bisa di bilang paling sulit untuk di temukan karena sudah sedikit jarang peminatnya. maka tak heran jika nama makanan ini sedikit kurang familiar kedengaranya, gandos adalah makanan yang terbuat dari tepung beras dengan campuran santan lalu diberi garam yang nantinya akan dimasukkan ke dalam loyang sebagai cetakannya. bentuk gandos sendiri biasanya adalah setengah lingkaran.