photo by : shopback

Jika saat ini anda sedang berlibur di Semarang, untuk sekedar berjalan – jalan, urusan pekerjaan atau hanya singgah sebentar, mungkin tidak ada salahnya jika menyempatkan diri untuk datang ke beberapa tempat pusat oleh-oleh sekitar untuk memilih dan membawakan bingkisan bagi keluarga/kerabat dan orang – orang tercinta di rumah. yang tentu saja akan sedikit memanjakan liburan anda dengan kuliner ataupun pakaian khas semarang.

Baca juga : Sewa Mobil Mewah Semarang

Maka dari itu anda tidak boleh asal- asalan berbelanja atau bahkan salah memilih tempat yang akan anda gunakan sebagai target dan sasaran untuk membawakan bingkisan istimewa untuk orang – orang terdekat anda tentunya.

Wajar saja, di area Semarang ini sendiri sangat banyak sekali toko dengan labeloleh – oleh khas yang membuat anda menjadi bingung dan ragu -ragu dalam memilih kira – kira bingkisan atau toko mana yang bisa menyediakan hal – hal tersebut? nah jika anda masih terasa bingung ataupun sedikit bimbang karena banyaknya kuliner yang ada di kota ini, berikut refrensi beberapa tempat oleh-oleh untuk anda agar tidak salah memilih oleh-oleh bagi orang tercinta ataupun saudara di rumah.

1.Tahu Bakso Bu puji

Lebih tepatnya di ungaran atau sedikit turun dari kota semarang, dari namnya mungkin sudah tergambarkan apa yang menjadi unggulan dari tempat ini, yap benar sekali. namun selain menjual tahu bakso sebagai produk andalanya tempat ini juga menyadiakan berbagai oleh-oleh lain khas Semarang seperti gethuk dan juga beberapa cemilan makanan ringan yang akan menemani perjalanan anda berkeliling semarang. atau pulang ke rumah.

2.Pasar Johar

Tentu saja tempat satu ini tidak boleh kita lewatkkan begitu saja, selain lengkap pasar ini juga sangat klasik dan sudah ada sejak jaman dahulu yang tentu  saja akan memanjakan anda dengan berbagai belanjaan khas Semarang mulai dari makanan hingga pakaian atau pernak – pernik khas yang di jual di tempat ini, namun hati-hati di tempat ini anda harus benar-benar pintar membedakan barang yang asli ataupun palsu, karena banyaknya trik para pedagang yan langsung bom harga ketika mengetahui anda bukan berasl dari area sekitaran Semarang.serta pengamanan ekstra barang-barang bawaan anda harus di perhatikan dan di lakukan dengan serius.karena tempat ini biasanya sangat ramai dan sedikit berdesakan, juga tiak jauh dari perkotaan yang membuat angka kriminal di sini juga cukup tinggi. yang biasanya sngat di waspadai kebanyakan orang yang berkunjung ke tempat ini adalah copet yang memang sudah sangat terkenal sejak jaman dahulu.

3.Wisata Belanja Kampoeng Semarang

Dari namanya saja sudah kelihatan dan mungkin anda sedikit menebak, benar sekali selain  akan memanjakan anda dengan berbagai kerajinan penduduk sekitar, tempat ini juga menjual berbagai jenis oleh-oleh lengkap yang mengangkat produk para pengrajin Kota Semarang,di tempat ini juga anda akan di suguhkan dengan sebuah konsep store yang Hommy namun dengan sentuhan modern yang tak kalah menarik untuk memanjakan mata. namun ingat jangan sampai anda terlena dan membelanjakan seluruh uang anda di sini, karena masih akan banyak lagi tempat oleh -oleh yang harus anda kunjungi dan tidak kalah menarik untuk di kunjungi serta menyimpan banyak sekali barang yang wajib untuk di beli.

4.Batik Jayakarta Semarang

Jika anda sangat ingin membeli batik khas semarang namun malas untuk datang ke kampung batik ataupun enggan berdesakan di pasar klewer, anda bisa mengunjungi tempat ini sebagai alternatif jika kedua tempat tersebut kurang memungkinkan untuk anda kunjungi.bahkan tempat ini juga tergolong salah satu tempat penjual batik terlengkap yang juga menyediakan batik khas Jogja dan banyak lagi.tentu saja tempat ini tergolong wajib untuk anda kunjungi, karena lucu rasanya jika anda pernah ke Semarang namun tidak memiliki/membawa batik dari tempat ini yang perlahan saat ini mulai menjadi andalan lagi yang tidak hanya Semarang namun bahkan jawa Tengah. di samping itu, dengan anda membeli satu kain batik sekalipu anda sudah ikut mendukung dan memelihara salah satu warisan budaya dan sebagian kecil dari budaya Indonesia agar jangan sampai juga batik ini akan di klaim oleh negaea lain hanya karena tempat asal budaya tersebut punah.

5.Jalan Pandanaran

Kecuali tempat yang sangat strategis, begitu anda memasuki kawasan ini, anda akan langsung di suguhkan oleh para pedakang kaki lima ataupun deretan-deretan toko yang menawarkan bebagai oleh-oleh khas semarang yang siap anda bawa pulang dan juga akan sedikit memanjakan anda dengan suguhan makanan beragam yang belum pernah anda lihat sebelumnya di tempat lain, dan jika anda sudah sedikit jenuh atau penat dengan tempat ini atau merasa belanjaan anda sudah cukup anda bisa sedikit refreshing atau  mencari suasana baru sejenak dengan berjalan-jalalan di sekitaran Tugu Muda yang tempatnya tidak begitu jauh dengan lokasi belanja tersebut.

6.Bandeng Presto Juwana

tidak jauh berbeda dengan tahu baxo Bu Puji. dari namanya sudah bisa di tebak bahwa salah satu produk unggulan di tempat ini adalah Bandeng presto khas Semarang yang memang biasanya mejadi target utama wisatawan yang datang selain lumpia dan kue mochi. mestipun tempat ini memiliki nama dengan produk unggulan di tempat ini juga menyediakan beberapa oleh – oleh khas lain seperti kue moci, winngko, lumpia dan banyak lagi makanan khas di sini yang bisa tergolong cukup lengkap dan tidak akan mengecewakan untuk anda jadikan terget akhir kunjungan anda. di tempat ini juga menyediakan berbagai cemilan yang akan menemani perjalanan pulang anda.

7.Lumpia Mbak Lien

Mungkin rasanya tidak lengkap jika kita berjalan – jalan di Semarang tanpa mencicipi atau membeli makanan khas satu ini, karena sudah sejak dari dulu makanan khas satu ini menjadi salah satu primadona bagi para wisatawan yang berkunjung ke daerah Semarang, selain memiliki produk yang wajib sekali di coba tempat yang tergolong cukup mudah di jangkau yaitu hanya berkisar 7 menit dari lawang sewu. namun tidak seperti di Tahu Baxo Bu Puji atau Banden presto juana. sayangnya di tempat ini hanya menyediakan lumpia sebagai salah satu produk andalan mereka dan biasanya kita harus rela sedikiit mengantre karena tempat sangat ramai karena tak jarang juga banyak sekali wisatawan yang menjadikan tempat ini sebagai target oleh – oleh mereka.

Baca juga : Mengenal Batik Khas Semarang Dan Kampung Produksinya